Menjaga kesehatan

Kesehatan merupakan kenikmatan yang sering kali dilupakan. Padahal jika di bayangkan, kesehatan sangatlah mahal jika diukur hanya dengan uang atau materi lainnya. Jika kita sehat aktifitas apapun akan dengan mudah kita kerjakan. Maka sudah seharusnya kita menjaga anugerah kesehatan ini dengan sebaik-baiknya. Dan untuk menjaga kesehatan itu kita harus tau bagaimana cara yang tepat untuk menjaganya. Dalam ulasan ini kami akan memberikan berbagai macam tips yang bermanfaat, lebih-lebih dimasa sekarang ini dimana lingkungan tempat kita tinggal, makanan yang kita makan telah banyak yang tidak mendukung keinginan kita untuk hidup sehat. Untuk mewujudkan keinginan hidup sehat itu, maka akan kami berikan tips-tips yang sangat bermanfaat bagi anda. 
 1. Mengatur pola makan
Makanan adalah sumber enerji bagi manusia. Ia bagaikan bensin bagi mobil. Makanan bagi tiap orang akan memiliki dampak yang berbeda. ada beberapa orang yang jika mengkonsumsi makanan tertuntu akan berdampak negatif. Makan yang teratur, porsi cukup dan gizi yang berimbang merupakan kelaziman yang harus dipenuhi jika seseorang ingin hidup sehat. Para tabib sejak zaman dulu mengatakan bahwa sebagian besar penyakit ditimbulkan oleh makanan. Imam al Ghozali mengatakan : Perut manusia itu dibagi menjadi tiga ruangan. Yaitu tempat makanan, tempat minuman dan yang ketiga adalah tempat untuk udara. 
2. Mengatur pola tidur  
.Tidur merupakan aktifitas tubuh untuk melakukan refitalisasi semua organ dengan sempurna. dalam keadaan tidur semua organ tubuh termasuk otak kita akan istirahat total. Seperti hanya mesin tubuh juga perlu istirahat. Walaupun tidur merupakan aktifitas yang menyehatkan namun memperbanyak porsi tidur juga berdampak tidak baik untuk kesehatan. Selain membuat tubuh menjadi terasa berat untuk melakukan aktifitas, banyak tidur juga akan menyia-nyiakan umur. Jika dihitung maka tidur kita menghabiskan hampir sepertiga umur kita. Seumpama umur kita enam puluh maka sebenarnya hidup kita bagaikan hanya sampai umur empat puluh tahun, karena tidur kita dua puluh tahun Nah ! 
3. Melakukan olah raga 
Tubuh sangatlah membutuhkan olah raga. Dengan olah raga kinerja jantung akan bekerja dengan baik sehingga jantung dapat memompa darah keseluruh tubuh dengan lancar. Tidak hanya jantung saja, namun seluruh organ fital kita akan bekerja dengan baik pula. Racun-racun dalam tubuh juga keluar melalui keringat. Mengurangi lemak-lemak yang berlebih dan dapat meningkatkan kinerja otak. Olah raga tidak perlu yang ekstrim, keras dan mahal. Cukup dengan jalan kaki atau bersepeda yang penting diwaktu kita melakukannya disertai dengan hati yang bahagia. Karena aktifitas tubuh yang disertai dengan perasaan gembira akan berpengarh pada peningkatan kesehatan. Coba bayangkan kalau kita melakukan aktifitas dengan disertai keterpaksaan seperti "LEMBUR KERJA" maka bukanlah kesehatan yang kita dapat tapi malah menimbulakan efek negatif walaupun pekerjaan itu bersifat olah rag
 4. Hindari merokok. 
Merokok bisa di ibaratkan dengan makan. Artinya jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Jadi bagi para pecandu rokok sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Aktifitas merokok menurut testimoni dari para pecandunya dapat membantu mengatasi keruwetan hidup dengan lebih nyantai dan elegan. Walaupun merokok memilki dampak positif namun dampak negatifnya juga tidak kalah banyak. antara lain, bau yang tersisa di mulut roko-holik sangat dibenci kaum hawa. 
5. Hindari mengkonsumsi al kohhol
Sebenarnya ada makanan-makanan yang mengandung al kohol tinggi namun tidak bikin kecanduan. makanan ini (untuk selain orang yang berpantangan) sangat baik dikonsumsi. lebih-lebih di musim dingin. antara lain. tape ketan hitam. tape singkong. buah durian. dan minuman fermentasi dari jahe. kesemuanya mengandung banyak alkohol tapi tidak memabukkan dan juga tidak bikin kecanduan. makanan dan minuman tersebut di waktu-waktu tertentu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.
Reaksi:
hak cipta dilindungi undang-undang. Powered by Blogger.